me as a Coass

14sh98k

2 tahun sudah kulalui sebagai koas dan sekarang itu semua sudah kulalui. Apakah kalian tahu arti coass (baca : koas)? Co-asisten, yang artinya asistennya asisten (bahasa kasarnya  pembantunya pembantu :P). Kebetulan di tempatku bukan dipanggil koas, tapi Dokter Muda *keren khan*. Ya itu lah yang sudah kulalui 2 tahun terakhir menjadi koas a.k.a dokter muda. Koas ini sebenernya bukan termasuk mahasiswa (karena uda dapet gelar sarjana), bukan juga pekerja (karena ga terima gaji). Koas itu merupakan salah satu langkah untuk menjadi dokter sesungguhnya. Setelah kita melewati masa pre klinik, dimana kita hanya berinteraksi dengan dosen-buku-teman, kini kita memasuki masa klinik, dimana kita mulai berinteraksi ga cuma dosen-buku-teman tapi juga ke pasien-perawat(tenaga medis)-masyarakat.Di masa koas inilah kita mulai belajar menjadi dokter yang baik dan sesungguhnya.Kita sudah boleh pake snelli (jas putih) heheheh.

Nah biar ada bayangan, aku mo kasitau sedikit tugas koas itu ngapain aja sih? Sebenernya tergantung tempat dan stase yang dilaluinya. Di tempatku, stase koas ada 14 bagian terdiri dari 5 mayor (dengan masing masing waktu 10 minggu) dan 9 minor (masing masing 5 minggu). Yang mayor itu ada : interna/ penyakit dalam, pediatrik/ anak, obsgyn/ kandungan, bedah, ilmu kesehatan masyarakat/ puskesmas. Yang minor ada : neurologi/ saraf, anestesi, gigi mulut, radiologi, mata, tht, kulit, jiwa, forensik. Ditempatku juga rumah sakit pendidikannya ga cuma 1, tapi ada beberapa bahkan sampai ke Kalimantan. Penempatan masa koas ini kadang kita undi sendiri, kadang juga dipilihin dari pihak kampus.. ya tergantung hoki lah hahahah..

Tugas dari tiap stase koas pada umumnya :

  • 1458304244297

    tempat tidur koas saat jaga malam adalah meja di nurse station 🙂

    Jaga malam (jamal). Ini biasanya dilakukan di stase mayor, kecuali IKM, ditambah dengan stase neuro dan anestesi. Jaga malam itu artinya kita stay di rumah sakit periksa dan jaga pasien. Nah jam jamal ini sebenernya tergantung tempat rumah sakitnya gimana. Pernah aku di RS daerah Cigugur cuma jaga sampai jam 9 malam lalu boleh pulang, jadi ga tidur di RS, atau di RS daerah Sukabumi sampai jam 1 malam sisanya diusir balik ke rumah. Namun kalo di rumah induk (tempat kampus aku berasal), yang namanya jamal ya dari jam 7 pagi sampe besok siang (jam 2-3 siang) kurang ebih 30 jam stay di RS dan setelah itu baru boleh pulang. Selama jamal, kita periksa pasien baru datang dan juga jagain pasien (misalnya ada pasien tiba tiba gawat kita harus segera bantu). Kemudian, jangan mentang mentang habis semalem jaga, paginya ita boleh tidur di RS.. itu salah besar. Kita tetep mengikuti kegiatan seperti biasa. Beruntunglah kalo misalnya selama jamal itu hanya sedikit pasien baru datang/ tidak ada pasien gawat sehingga kita bisa tidur gantian dengan teman jaga 2-3 jam. Namun kalo kalian muka rame/ muka gawat (dimana kalian selalu mendatangkan banyak pasien atau membuat keadaan pasien jadi gawat), kalian ga akan bisa tidur,, dan bisanya mulai curi curi waktu tidur saat presentasi case/ tutor besok pagi heheheh~~

  • Follow up dan lapor pasien. Koas sudah boleh pegang pasien di RS. Pagi-pagi sebelum jam kerja, kita sudah harus follow up (di tempatku disebutnya soap) pasien yang kita pegang. Follow up itu kita tanya ke pasiennya ada bagaimana keadaanya sekarang apakah ada perbaikan atau keluhan lain, lalu lakukan pemeriksaan fisik, kemudian tulis di status pasien itu SOAP (subjektif, objektif, assesment, planning) termasuk rencana kita dan obat obatan buat pasien ini apa di tulis di status. Follow up ini cuma pada stase mayor + minor (anestesi, neuro, mata tht, kulit, jiwa) jika ada pasien yang dirawat di RS di bagian itu. Abis kita follow up dan tulis di status pasien, saat dokter konsulen visit pasiennya kita juga harus lapor tentang apa yg tadi kita tulis. Kebijakan follow up ini sebenernya tergantung masing masing RS, ada yg 100% dilaksanakan dari SOAP-status-lapor pasien, ada yg cuma follow up aja ga harus tulis status, bahkan ada yg cuka sekedar tau atau lapor pasien aja.
  • Ikut kegiatan Poli/ jaga bangsal/ dan lainnya. Di poli sendiri, biasanya kita hanya bantu anamnesa pasien sampe konsulen datang, kemudian perhatiin apa yang konsulen butuh, dan tulis resep serta bersih bersih alat hahaha~. Kalau jaga bangsal, ya berarti kita stay di bangsal, bantu perawat kasi obat ke pasien, periksa tanda vital pasien per 6 jam, bantu mandiin pasien, bantu ganti perban dan yang pasti dia harus stay kalau kalau ada pasien gawat + lapor pasien ke konsulen lain. Lalu kegiatan lainnya misalnya ikut operasi pas stase bedah. Seringkali kalo koas itu cuma jadi observer (apalagi kalo koasnya di univ negri yang harus bersaing dengan residen bedah) yang cuma muter poto poto bagaikan butiran debu. Kalo beruntung ya jadi asisten 1 dari operator.
  • Presentasi case. Adalah suatu kegiatan ilmiah dimana koas mengambil kasus pasien yang menarik dan kemudian di presentasikan di depan dosen, dari mulai anamnesa (tanya jawab) sampe tatalaksana bahkan teorinya. Disini kita bisa berdiskusi dengan ahlinya, kenapa bisa begini begitu.. Presentasi case ini ada di semua stase.
  • Referat atau studi pustaka. Dimana koas mengumpulkan segala macam sumber jurnal pengetahuan/ textbook tentang sesuatu sebuah topik tertentu yang berasal dari stase itu. Bisa di bilang referat itu mini skripsi.. (bangga kalo koas sering ngelewatin skripsi)
  • Morning report. Dimana kita mempresentasikan kasus yang ditangani selama jamal.
  • Jurnal. Kita mengambil sebuah jurnal dan kemudian di translate ke bahasa indonesia dan kemudian dibahas dengan dosen.
  • 1458304242479

    latihan periksa pasien ke sesama koas sebelum ujian

    Bisa ambil pasien kemudian bikin status dari pasien itu kaya bikin follow up, kemudian dikumpul dan terus tanya jawab dengan dosen mengenai pasien itu + teorinya, ada juga yang bersifat praktek (mini c’ex), ada juga bentuk ujian yang isinya cuma teori aja kaya tulis esai atau pilihan ganda, jadi kaya ujian biasa. Namun sebagian besar yang namanya ujian ya kita tanya jawab langsung sama dosen kalo perlu praktekin juga gimana cara kita periksa pasien.

 

 

Nah itu tadi sebagian kecil tugas koas. Oya koas itu kerjanya ga sendiri sendiri, tapi berkelompok. Tergantung fakultas masing masing aturnya gimana, tapi kalo ditempatku semua koas dikelompokin masing masing dan akan bersama 2 tahun melewati semua stase/ siklus bersama sama. Makanya ditempaktu di 1 kelompok koas ini namanya TSS (teman sehidup semati). 1 kelompok ini terdiri dari 8-10 orang  dan orang2nya tu ditentuin oleh fakultas secara acak. Jadi kalo orangnya kamu ga suka, yaudah tetaplah bertahan selama 2 tahun seperti itu atau kamu bisa berubah sedikit demi sedikit hahahah~

koas kulittt

9 orang dengan berbeda kepribadian dipersatukan selama 2 tahun suka atau tidak.

Nah ini adalah teman TSSku.. awalnya kami hanya ber9 orang di koas tahun pertama, namun pada tahun selanjutnya kami mendapatkan TSS junior (angkatan bawah) tetap.. harusnya kita tiap stase bertemu dengan junior lain namun karena peraturannya begitu akhirnya kami jadi ber TSS 17 orang. Secara keseluruhan TSSku ini orangnya asik asik, namun ada sih segelintir orang yang eksentrik bahkan sampai dibilang aneh. Ada yang lucu, cuek, pinter, ganteng, cantik, bersuara merdu, model, pinter maen musik dll.. This is my TSS, it was called TSS Don’t Care~~

Forensik (33)

TSS don’t care saat stase forensik

Yah beginilah kehidupan koas sehari hari selama 2 tahun.. kami dilatih keras untuk menjadi dokter yang kuat mental dan fisik. Bahkan tak sedikit orang yang turun/ naik berat badannya saat koas karena stress. Beratnya kehidupan saat koas tentu akan slalu dikenang oleh dokter karena itu merupakan langkah awal dari segalanya – there is always a first time for everything – kenangan koas itu indah untuk dikenang namun tidak untuk diulang 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s