Flores Trip part. 01

Hai semua!!

Kali ini aku mau bercerita tentang Flores trip yang beberapa waktu lalu aku ikutin. Kebetulan itinerary kami di Flores hanya di kota Maumere, Ende dan Labuan Bajo karena kami hanya punya 1 minggu (dari tgl 14 Agustus 2016 – 21 Agustus 2016) untuk cuti hehehehe.. Maklumlah orang kerja dan biaya pun belum mencukupi kalo keliling semua tempat di pulau Flores yang super indah ini. Total pengeluaran selama trip ini +/– Rp 5juta (kami berangkat dari Kupang NTT dan pulang juga ke Kupang lagi), tapi ini belom termasuk biaya oleh oleh yak..

Oya karena ceritanya lumayan panjang, jadi aku bagi 2 sesi ya 🙂

Hari Pertama (Minggu)

Kami berangkat dari Kupang menuju Kota Maumere pk.12.40 WITA dengan menggunakan pesawat NAM air namun karena delay, jadi kita mulai terbang jam 14.20 WITA dan tiba di bandara Frans Seda Maumere jam 15.00 WITA. Kamipun langsung menuju ke hotel untuk taruh barang. Kebetulan kami menginap di hotel Sylvia Maumere (hotel bintang 3, dekat dengan terminal) dengan harga 1 kamar Rp 300rbuan yang kami dapat dari traveloka. Setelah selesai taruh barang, kami langsung menuju Tanjung Kajuwulu. Oh ya sebelumnya kami menyewa mobil (avanza) beserta sopirnya (Rp 600rb/ hari – ini harga emang sebagian besar segini, disini suit cari lebih murah lagi).

Kami sampai di Tanjung Kajuwulu kurang lebih jam 4an. Di Tanjung, kita harus mendaki +/- 388 anak tangga untuk mencapai pemandangan yang indah. Dan diatas puncak anak tangga terakhir ada salib besar disana. Anak tangga ini katanya sih dibangun sama TNI beberapa waktu lalu. Kalo mo ke Tanjung Kajuwulu ini baiknya emang pas jam sunset (jam 4-5 sore) karena pemandangannya keren banget. Setelah dari Tanjung, kami turun gunung sekitar jam 6 kurang (pokoknya sebelum gelap lah) lagi buat makan malam sekalian ketemuan ama teman. Rencana awal sih kita mau makan di Coconut Garden (tempatnya instagramable gitu), tapi setelah 1.5jam perjalanan dari Tanjung, sampe disana malah ditutup karena uda diresevarsi orang. Akhirnya kami balik ke kota dan makan di Resto Ikan Bakar Jakarta. Setelah selesai dinner, akhirnya kita balik ke hotel dan bobo~~

Hari Kedua (Senin)

bukit-nilo-1

Patung Bunda Maria

Setelah selesai makan pagi, kami langsung check out dari hotel dan barang bawaan kami di taro semua di mobil. Jam 07.30 WITA, kami langsung jalan ke bukit Nilo, yang disana ada patung bunda Maria raksasa yang dibangun sama orang Italia.

bukit-nilo-2

Taman Bukit Nilo

Perjalanan dari hotel ke bukit Nilo +/- 45 menit dengan jalan yang cukup berkelok kelok. Sesampainya disana, kami berdoa dan lihat (+ poto2) sekeliling, setelah itu kami langsung turun lagi untuk melanjutkan ke Lepolorun.

Lepolorun adalah tempat pembuatan baju adat (Kain tenun ikat). Sepertinya tempat ini sering dikunjungi oleh turis baik luar atau dalam, sehingga bila kita akan berkunjung kesini sebaiknya telpon dulu untuk pastiin buka atau tidak (dan untuk disediakan konsumsi hehehe). Begitu kami sampai Leoplorun, kami disambut dengan pertunjukan musik tradisional dari pekerja (yang semuanya ibu ibu) Lepolorun. Sungguh pas lihat itu, kami semua terharu, apalah artinya kita yang cuma 6orang ini disambut segitu meriahnya. Setelah pertunjukan musik selesai, pemimpin dari Lepolorun itu mengajak kami untuk lihat proses pembuatan kain tenun mulai dari tanaman kapas yang baru dipetik, kemudian dikeringkan dan dipintal menjadi benang, yang setelah itu dibuat motif dan warnai dengan warna alam serta sintetik, baru setelah itu dikeringkan dan disusun ulang untuk ditenun benar benar menjadi kain tenun ikat. Jujur, aku sih takjub banget dengar penjelasan dari si ibu Lepolorun ini, karena ga cuma penjelasan tapi juga dipraktekan (cocok banget buat dijadiin film dokumenter gitu). Setelah itu kami lihat pakaian + kain yang siap untuk dibeli.. sebelumnya kami pakai pakaian kain tenun ikat yang sudah jadi buat foto foto. Oh ya ternyata di Lepolorun sini juga ada homestay. Biasanya turis mancanegara menginap disitu untuk mempelajari cara cara pembuatan kain tenun ini loh. Untuk membeli barang di sini perlu uang cash, atau transfer via e banking/ mobile banking (ga ada gesek kartu kredit/debit).

Selesai berbelanja di Lepolorun, kami menuju ke Gereja Tua Sikka (searah ke pantai Paga) untuk lihat lihat. Dan gerejanya baru dipugar lagi, jadi bagus dan bersih, apalagi kalo masuk ke dalam gereja itu adem banget walopun ga ada AC ato kipas karena atapnya itu tinggi dan jendelanya juga lebar jadi angin bebas masuk, apalagi ternyata gereja ini letaknya di pinggir pantai. Setelah selesai dari Gereja Tua Sikka, kami makan siang di warung makan dengan pemandangan laut (lupa nama restonya apa) yang terletak di pantai Paga. Karena saat itu matahari lagi terik teriknya, kami jadi agak malas main di pantai itu (walopun banyak bulenya loh distu hahahah~). Karena lagi malas gerak, kami cari cari di Instagram pantai Paga yang bagus itu dari sisi mana. Akhirnya kami diantar ke ujung pantai Paga, yang ada bukit dan patung Yesus diatasnya, letaknya dipinggir jalan. Jadi kami turun dari mobil dan jalan ke atas bukit. Sebaiknya sih pake sendal gunung karena ini bukitnya sebagian besar tanah kering, dan agak licin kalo pake flat shoes ato sendal jepit (kayanya sih kalo abis hujan susah untuk mendaki bukit ini). Perjalanan untuk sampe ke bukit ga lama kok cuma sekitar 5 menitan (yah 10 menitlah kalo capek cepet2). Sesampainya diatas bukit, kami disuguhkan pemandangan yang super keren oleh Maha Pencipta. Laut biru dengan gradasi warna yang indah ditambah dengan hiasan kapal kapal yang sedang berlabuh menyegarkan mata kita. Saat itu matahari lagi terik teriknya, dan kami lupa pake sunblock, jadi kami tidak berlama lama diatas bukit, karena kulit kami mulai perih. Hanya foto foto sebentar akhirnya turun lagi dari bukit dengan super hati hati karena licin..

Perjalanan berlanjut ke Pantai Koka. Letaknya pantai Koka ini masih satu jalan dengan pantai Paga, namun aku lupa berapa lama perjalanan kesana. Karena kami tidak bermain di pantai Paga, akhirnya kami menghabiskan waktu kami di pantai Koka, sekitar 2.5jam kami bermain di Pantai Koka. Di Pantai Koka ini juga lumayan banyak bule, ada homestay juga loh. Saat kami baru tiba di pantai Koka matahari masih super terik, kami isitirahat dulu di pendopo/gazebo yang ada di pinggir pantai sambil menikmati air kelapa. Berbeda dengan orang bule yang jam segitu memanfaatkan waktu buat tanning, kita malah berteduh di pendopo karena takut menghitam. Begtu matahari sudah tidak terlalu panas, akhirnya kami mulai bermain di pantai. Pantai Koka ini ternyata luas dan pasirnya itu putih dan halus, jadi ga sakit kalo lepas sepatu. Ahirnya kami menghabiskan waktu disini dengan main pasir, foto foto, serta duduk merenung menatap indahnya laut. Ohya disini bisa naik perahu juga ke pulau Koka, pulau kecil di sebelah kiri pantai, cuma harganya ga tau berapa karena kami ga kesana.

Sekitar jam 16.00, kami mulai melanjutkan perjalanan langsung ke Ende. Perjalanan ditempuh kurang lebih 3 – 4 jam, dengan jalan berkelok kelok. FYI, jalan dari Maumere ke Ende ini rawan longsor. Oya untuk sampe di kota Ende, kami juga melewati Desa Moni, desa yang dengan gunung Kelimutu. Saran saya sih, kalo mo mendaki Gunung Kelimutu, mending menginap di Desa Moni. Sayangnya kami sudah terlanjur pesan hotel di Kota Ende, jadi kami harus bolak balik dari menghabiskan waktu dijalan untuk Gn. Kelimutu besok pagi. Di kota Ende, kami menginap di hotel King (hotel bintang 1, bentuknya ruko gitu, dapat dari traveloka dengan harga Rp 150rb/kamar, dekat dengan pasar juga). Setiba di Kota Ende, kami makan malam di Resto baru namanya KaQ Lima dekat dengan bandara. I think its recommended, tempatnya cozy, simple dan makanannya enak harganyanya pun sesuai.

Hari ketiga (Selasa)

Pagi pagi subuh buta kami sudah bangun karena kami mau mengejar sunrise di Gn. Kelimutu. Kami berangkat jam 03.30 WITA dari kota Ende menuju Gn. Kelimutu. Selama perjalanan kami tidur karena masih ngantuk. Kami tiba di Gn. Kelimutu kurang jam 05.10 WITA. Tiket masuk ke Gn. Kelimutu Rp 20ribu/ orang, serta kami disuruh isi buku tamu. Walopun langit sudah mulai sedikit agak terang, tetap disarankan bawa senter karena masih untuk mendakinya itu masih gelap. Untungnya jalanan menuju puncak Gn. Kelimutu itu sudah berupa tangga, jadi ga terlalu takut licin seperti kemarin mendaki di bukit Paga. Ohya, udaranya super dingin ya, jadi disaranin pake baju panjang/sarung tangan (walopun nanti setelah sampe puncak bisa buka baju karena kepanasan sudah mendaki ratusan anak tangga). Yup, kami berusaha mendaki secepat mungkin untuk sampe di puncak supaya ga ketinggalan sunrise. Setelah sampai di puncak, ternyata sudah banyak orang disana, dan untungnya sunrise belum lewat. Sekitar jam 06.00, matahari mulai muncul ke permukaan, dan kami menikmati pemandangan itu. Setelah waktu sunrise sudah agak lewat sedikit, kami mulai beraksi foto foto dengan bendera merah putih yang sengaja kami bawa karena besok bertepatan dengan 17 Agustus.

Ternyata ide membawa bendera ga cuma dari kami, banyak juga kelompok yang lain membawa bendera. Ditengah kami sedang asik fotofoto, ada turis mancanegara meminta kami untuk menyanyikan lagu ulang tahun untuk temannya sambil di videoin. Setelah itu tercetuslah ide untuk mebuat video sambil menyanyikan lagu nasional dan mengibarkan bendera merah putih. Ya dengan tebal muka kami menyanyikan lagu Indonesia tanah air beta sambil di videoin. Banyak orang yang mulai datang ngeliatin kami, gugup juga ya uda kaya konser hahahah… setelah selesai bernyanyi, banyak orang yang bertepuk tangan dan memuji kami ini keren hehehehe… ya setelah acara foto + bikin video untuk 17agustusan selesai akhirnya kami mulai duduk santai menikmati alam sambil makan popmie. Satu persatu orang dipuncak mulai sedikit. Kami akhirnya turun sekitar jam 09.00an, sambil jalan santai mampir melihat danau Kelimutu dari dekat. Setelah lihat semua danau Kelimutu, kami pun berniat untuk pulang. Di tengah jalan, ada pertigaan dan tulisan kearah sumber mata air lewat tangga. Karena rasa penasaran kami muncul, akhirnya kami turun tangga mencari tau dimana sumber mata air. Tangganya itu tinggi2 dan banyak pula, turunnya aja udah capek, apalagi naeknya nanti. Karena kita optimis udah dekat dan biasanya bagus, akhirnya kami turunin 350 anak tangga menuju Mata air, namuuunnn ternyata tangganya berhenti diengah2. Memang ada sih suara pancuran air, tapi ga sesuai bayangan kita. Tapi sepertinya tempat itu cocok buat semedi deh, soalnya hutannya rindang dan terdengar suara burung disertai pancuran air, cocok banget buat meditasi hahahaha………… Ya, akhirnya kami balik keatas menaiki 350 anak tangga dengan tebal tiap anak tangga 20-30cm.

Sekitar jam 10.30 WITA kita mulai melanjutkan perjalanan ke kota Ende lagi. Setiba disana kami makan siang di restoran (lupa namanya) tapi ga tertlalu worth it sih. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Rumah Pengasingan Bung Karno saat di Ende. Rumahnya ini sudah sering kali dipugar, jadi nampak baru terus. Ini semacam museum mini gitu, ada penjelasan ditiap barang yang bersejarah. Kami hanya lihat lihat sebentar sekitar 20 menitan disana, jadi setelah itu kami pulang ke hotel karena batas penyewaan mobil kami sudah selesai (kami menyewa mobil dari Maumere sampai ke Ende dengan mobil dan sopir yang sama dengan total harga Rp1.8jt untuk 3 hari). Karena itu masih siang, kami gatau mo ngapain dan juga ga ada kendaraan akhirnya muter muter lihat souvenir di dekat hotel. Malam harinya kami dijemput oleh teman kami nongkrong cantik di Mocca Caffe, kafe yang baru buka semingguan. Harga makanan dan minumannya pun masih setengah harga (minuman latte + donat 1 cuma Rp 15ribu) rasanya enak, plus wifi gratis. Buat makan beratnya, kami makan nasigoreng tektek di warung pinggir jalan. Rasanya mengobati rasa kangen nasgor tektek karena uda 1 tahun ga makan itu hahahaa~

Nah sekian cerita dari flores trip part 1. Nantikan flores trip part 2nya yaitu part Labuan Bajo yang lebih keren lagi. Terima kash sudah membaca.

My Birthday Wish List â—•â–½â—•

Birthday-Wishes-2

Tanggal 28 Desember kemarin adalah hari ulang tahunku yang kesekian *malu nyebutin umur :P.. Tak banyak yang spesial seperti biasa pada hari ulang tahunku. Karena aku berulang tahun pada saat liburan, tentu saja tidak ada yang membrikan kejutan di tengah malam seperti teman yang lain *ngarep nih booo~ (‾ ▽ ‾ Ù¥) Tapi tenang aja, nanti taon depan pasti bakal dikasi kejutan tengah malem, karena ada kemungkinan lagi jaga malam karena tahun depan aku sudah mulai KOASS…Di ulang tahun kali ini, aku ingin merefleksikan sesuatu sekalian mengutarakan beberapa permohonan.

cinta tapi bedaKemarin tepat pada hari ulang tahunku, temanku semasa SMP datang berkunjung untuk ngajakin nonton bioskop. Saat SMP, dia salah satu teman terbaikku, trus pas SMA sampe skarang dia ada di Jogja. Awalnya aku agak malas menerima ajakannya untuk nonton bioskop, apalagi film Indo… Tapi akhirnya aku memantapkan hati mau menemani dia nonton film itu, hitung2 aku lagi ultah, jadi aku harus traktir dia.. khan jarang2 bertemu dengan dia.. 🙂 Selama jalan bareng dia, kami saling bertukar cerita ini dan itu. Sampai akhirnya aku menemukan beberapa masalah pada temenku ini. Dia baru saja putus dengan pacarnya. Yang aku tahu selama ini, pacarnya itu ga seiman dengan temanku. Bukan bermaksud untuk senang atau gimana, sebenarnya dulu saat mereka mau berpacaran, akulah yang dimintai pendapat oleh temenku mengenai pacaran beda agama. Saat itu masih kelas 1 SMA, dia meminta pendapatku dan aku berpendapat untuk menyetujui supaya dia boleh saja mencoba pacaran dengan mantan pacarnya itu. Saat itu aku hanya berpikir, pacaran saat SMA pasti bentar lagi juga putus jadi ya gapapalah kalo cuma sekedar coba2 dengan yang ga seiman. Tapiiiiii perkiraanku itu salah total, ternyata mereka masih berpacaran sampe beberapa bulan terakhir ini. Aku sangat menyesali yang menyarankan mereka berpacaran apalagi sampe diusia segini yang bentaran lagi bakal menikah, gimana jadinya kalo menikah dengan orang yang ga seiman?? Untungnya sih mereka berdua putus beberapa waktu lalu, kalo mereka jadi lanjut terus sampe menikah, bisa menyesalah saya seumur idup menjerumuskan teman (!`☐´). Maka dari itu kemarin dia ngajakin aku nonton bioskop film “Cinta Tapi Beda”.

Masalah kedua, temanku itu baru balik ke kampungnya (dari Jogja, balik ke Jakarta) menemui dan berniat berlibur bersama dengan keluarganya, namun ternyata dia bingung apa yang harus ia lakukan. Selama ia berada dirumah keluarganya disini, kedua orangtuanya bertengkar hebat setiap hari, piring gelas melayang sana sini, pintupun nyaris rusak, bahkan selalu menyebutkan kata cerai. Aku yang mendengarnya itu sangat kaget. Aku tahu kedua orang tuanya. Akupun menyarankan dia supaya menjadi penengah diantara ayah dan ibunya, namun dia pasrah karena kata adikknya hal tersebut sudah biasa terjadi. Sedangkan temanku itu sangat shock kok dia balik kerumahnya yang berniat untuk refreshing malah orangtuanya bertengkar setiap hari. Maka dari itu kemarin aku tidak menyesal bahkan bersyukur aku bisa membuat dia ceria menemani dia refreshing walaupun sehari saja.

prayDari masalah temanku itu, aku mau merefleksikan diriku saat ukang tahun kemarin. Aku sangat amat bersyukur kepada Tuhan telah diberikan keluarga yang cukup menyayangiku dan yang mengertiku. Papa dan mamaku walopun kadang cekcok tapi langsung baikkan lagi. Mereka juga saling mengerti dan mendengarkan pendapat anak-anaknya. Walaupun aku ngekos, aku tetap bisa bertemu papa dan mamaku seminggu sekali, jadi ga kehilangan kontak dengan mereka 🙂 selain itu, aku juga belajar, untuk memberikan pendapat itu harus dipertimbangkan ini dan itu dan jangka panjangnya, supaya tidak salah memberikan pendapat apalagi mengenai hal hal sensitif. Dan juga, aku bersyukur banget punya orangtua yang baik, jadi selalu berusaha menempatkan aku di lingkungan yang sama dengan aku, jadi kemungkinan untuk pacaran dengan beda keyakinan itu dikit skali 🙂

Berikut ini adalah daftar permohonanku di ulang tahun ku yang kesekiann *maaf tidak sebut umur 😛 :

  1. parents and childSupaya papa dan mamaku sehat selalu, dijauhkan dari penyakit dan usaha mereka selalu lancar dan terlebih lagi supaya mereka selalu akrab.
  2. Aku lulus ujian OSCA dan bisa masuk KOASS tepat waktu pada bulan februari 2013. Jadi, aku bisa bikin kedua orangtuaku bangga, kalo aku bisa lulus tepat waktu.
  3. I wanna him be my Prince :3

    I wanna him be my Prince :3

    Pangeran kuda putihku datang. Susah sekali bagiku untuk moveon dari pangeran mimpiku (pacaran aja belon, ckckck~ hanya sekedar ketemu lewat mimpi) (tapi ini orang nyata ya) hahaha~. Supaya aku bisa membuka hatiku buat pangeran kuda putihku yang lain untuk mengisi kekosongan hati ini… *hoexxx (٥―˛―) abis kedua orangtuaku tuh kaya ngebet bangen aku punya pacar, trus menikah trus punya cucu… Omaigatttttt!! ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°”)͡ƪ

  4. Adikku jadi anak yang taat, berbakti pada orang tua, sopan santun dalam bertutur kata dan perbuatan. *buset dah uda kaya doa orang tua ke anak aja (―˛―) soalnya adikku ituu…….. bisa dibilang mengikuti makhluk zaman sekarang (ya yang kaya gitulah pokoknya, susah dijelasin dengan kata2, nanti suatu saat aku akan ngepost deh makhluk zaman sekarang tuh kaya apa, hehehe~)
  5. makeupKalo buat benda benda, bingung mo minta apa.. hahaha~ mungkin minta iPad, laptop baru, alat makeup. Kalo iPad sebenernya ortu sih mungkin bisa membelikannya untukku tapi, rasanya kalo pake duit ortu itu sayang banget, karena selain fungsi iPad itu entertainer saja juga kata temen iPad belum bisa menggantikan fungsi laptop yang bisa buat ngerjain tugas. Jadi rasanya sayang kalo beli iPad, tapi kalo dikasih sih pasti ga bakal nolak loh *siapa tau ada yang berniat ngasih hohohoh \(◦’ ▽ ‘◦)/ ~~ Kalo laptop baru aku kepingin soalnya laptopku yang lama ini sudah agak melemot, baterenya bocor, berat banget jadi klo dibawa kemana mana rasanya males. Terus aku kepengen alat makeup soalnya aku ga bisa makeupan + removalnya.. sapa tau kalo ada alat makeup jadi rajin belajar makeupan.. Kalo pake alat makeup, takut wajahnya berjerawat, soalnya mukaku ini rada sensitip.. Pernah aku cuma pake BBcream + bedak + lipgloss uda dibilang cantik kaya orang korea… wkwkwkw~ sombong dikit 😛

Sekian refleksi dari hari ulang tahunku dan permohonan di usiaku yang ke —– ini 🙂 sapa tau kalo ada yang berminat memberikan kado iPad/ laptop baru/ alat makeup, pasti sangat diterima dengan senang hati an saya doakan semoga kalian hidup bahagia selalu… hahahah~

benjol cling2

(: My Camp Experience :)

Hello guys, this is my 1st post in November. It’s about my camp experience. Beberapa bulan yang yang lalu aku ikut camping dengan kelompok Pemuda-Remaja sebuah gereja *baru sempet ketulis sekarang >,<*. Camping kemaren adalah pengalaman keduaku. Pengalaman kemping pertama kali itu waktu abis ospek masuk kuliah *3 tahun yang lalu*. Tapi untuk mendaki gunung/ berjalan ditempat yang terjal, kemping kemarin merupakan pengalaman ketigaku, setelah sebelumnya ikut MFR (medical first respon) kudu jalan di sungai bebatuan dan jalanannya yg ga enak bwat dijalanin… 😛

Aku mau share tentang camping kemarin (sebut saja CampCilember) dan camping waktu abis ospek (sebut aja medicamp-jungle).. sangat banyak perbedaan diantara keduanya, bukan cuma dri segi tempat, acara, waktu, dan para peserta-panitianya.

1.       Camp Cilember

Camp ini berlangsung tanggal 6-8Juli 2012, tempat campnya di Curug Cilember – sebuah tempat rekreasi air terjun, aanya di sekitar Cipayung Bogor -. Para pesertanya itu anak remaja- pemuda (±12 th- 25 th) sebuah gereja di Tangerang. Karena itu tempat rekreasi, jadi ramai pengunjung, apalagi kemaren itu khan pas liburan jdi banyak orang yg dateng ksitu. Selain itu tempatnya nyaman untuk sebuah camping, dengan kata lain tempatnya bersih, jalanannya tertata rapi, dan masih bisa mandi lah disitu (jika dibandingkan dengan Medicamp :P) Uda gitu tidurnya pake tenda kecil kecil yang 1 tenda isinya 3-4 orang trus dikasi pinjem sleeping bag lagi. Untuk konsumsi, disini kita disedian catering loh, jadi ada yang uda masak dari pihak catering pengelola Cilember dan dibawain ke tempat kita berkemah (asyik khan, jadi ga harus bawa kompor ini itu).Walopun demikian, suasana hutannya masih terasa banget, sampe” dari kejauhan keliatan tuh monyet loncat dari pohon yang satu ke pohon yg lain, suaranya juga sering banget kedengeran, apalagi pas pagi sama sore. Kebetulan tempat campingku itu kena didaerah yang sepi, yang jarang di lewati pengunung lain, jadi suasananya tenang dan aman. Bisa bwat bersemedi tuh disitu.. hehehe 😛

Dari segi acara, campcilember ini lebih banyak freetime a.k.a bengong. Mungkin karena panitianya sendiri jarang ikut kegiatan, jadi bingung mo bikin acara sepadat apa dan kebetulan juga khan itu yang ikut masih kecil kecil yang notabene kalo ikut acara yang padat, takut kecapekan. Tapi karena dri acaranya banyak freetime, alhasil aku malah bergosip dengan teman setendaku (nambah dosa deh :P.)Untuk acara di air terjunnya, sebenernya uda bagus (jaraknya deket sih cuma agak terjal, jdi cepet cape, maka dari itu butuh kerjasama antar kelompok), tapi sangat disayangkan karena ga semua peserta (semua loh, bukan per kelompok) foto di dekat air terjun – padahal menurutku lebih bagus kalo semuanya langsung foto di air terjun – hal ini dikarenakan adanya sistem games, jadi tiap kelompok selang 10-20 menit baru ada di air terjun, jadi fotonya perkelompok. Trus untuk acara api unggun, seperti hanya beberapa saja yg pernah ikut acara api unggun (oops – bukan maksud sombong loh :P), harusnya acara api unggun itu menjadi puncak acaranya…………………………… Tapii yaa hargailah sebuah kerja keras panitia yang uda usaha membuat acara sedemikian rupa, walo kadang ga sesuai dengan keinginan hati 😀 *kata kata ini ga cuma berlaku untuk CampCilember, tapi juga untuk Medicamp – jungle yang uda menyiksa gueee~~~ Oya, barang bawaan untuk campcilember ini juga berat berat amat, cukup 1 ransel baju dan tas jinjing yang berisi makanan.

Dari Camp Cilember ini, aku bisa ambil beberapa buah pelajaran. Karena aku yang tertua *hixhix kasian banget tertua (kalo yg bener bener pure peserta yee), aku harus berusaha inisiatif dan membantu peserta yang masih kecil. Misalnya aja untuk bikin tiang jemuran handuk, kasitau ke panitia pake kaos item pas maen basah-basahan. Trus dari camp ini juga merubah pandanganku terhadap beberapa orang terutama kepada para ababil. Sekarang aku tau knapa mereka ababil, bukan karena emang umurnya sgitu lalu mereka bertindak ababil, tapi juga ada latar belakang lain yang sempat ga terduga. Tapi tetep aja sih ada 1 orang yang ga bisa kuubah pandanganku terhadapnya dari first impression yang uda lama. Dan di camping ini adalah second impression. Padahal aku kpengen berteman dengan orang ini, sempet dalem mimpi juga kalo ini orang bakal beda dri first impression waktu itu, tapi taunya… malah makin ilfill. Katanya sih dont’t judge book by it’s cover, tapi kalo ini sih aku uda berusaha mengubah first impression namun gagal gara-gara ngeliat tindakan nya yang totally use a thick mask to get attention from another participants. I’m sorry about this.. mungkin dilain kesempatan saya ga ilfill dengan anda lagi 😀

Camp Cilember 07

2.       Medicamp – Jungle

Kalo medicamp – jungle ini berlangsung 5-7 Agustus 2009, Hari Kamis setelah selesai di ospek. Tempat campnya itu di Cipelang (gatau deh daerah mana tuh), karena pegi dan pulangnya naek tronton jadi saya sama skali gatau jalan. Pesertanya itu semua angkatan baru dan beberapa kakak kelas yang emang sengaja ikut untuk cari gebetan *Oops :P. Panitia juga berasal dari para senior dan ada dosen juga yang ikut sebagai pembimbing. Untuk masalah tempat, tempatnya itu sangaat sangaat unpredictable. Bayangkan saja dari kita turun dri tronton sampe ke tempat campnya itu kudu jalan 2-3km belom lagi bawa barang yang superduper berat *aku aja sampe kecekek gara gara bawa 1 tas ransel, dan 1 tas orang pulang kampung tapi yang diselempangin sama 1 ember berisi sgala ssuatu, jdi berat*. Bayangkan saja, ini pertama kalinya kemping, dan baru awal saja uda menyiksa begini. Anak anak yang laen juga sama barang bawaannya begini juga. Dari segi tempat, seperti yang kubilang di awal kalo ini bertolak belakang sama campcilember. Mo mandi – sikat gigi aja kaga bisa, selain toiletnya kotor-gelap-aernya juga dikit, maka dari itu selama 3 hari kemping, kayanya aku cuma mandi 1x itu juga karena maen basah”an, sisanya mandi pake tisu bawah :p dan ga bs sikat gigi. Untuk tempat tidur, kita semua tidur beralaskan sleeping bag dalam tenda polisi (semacam tenda penampungan bencana gtu) jadi 1 tenda tuh bisa 20-30 orang.. Kalo untuk makanan, panitia Cuma nyediain nasi putih doang, sisanya bawa sendiri.. so that’s waya bawaan kita tuh overdosis beratnya, karena harus bawa beras (bwt dikasi ke panitia), minyak goreng, makanan yang bisa dimasak (mie, nugget, sarden), kompor dan peralatan masak (panci ,kuali –  kebetulan kelompokku tuh bawa kuali buat bikin pancake sodara sodara, jadi otomatis Cuma bisa goreng nugget max 5biji skali masak, dan waktu makan Cuma 15 menit, dan 1 kelompok tuh ada 8-10orang .. hmmm gimana caranya tuh makan? Ya ngemis ngemis deh ke kelompok laen minta makanan.. hahahaha :P)

 Hmm, dari segi acara, sebenernya Jungle ini lebih menarik daripada CampCilember.. Maklumlah panitianya anak muda yang sudah cukup banyak pengalaman. Namun sangat disayangkan aku kurang menikmati acara ini, karena aku sempoyongan akibat kurang tidur et.causa ngerjain tugas ospek yang notabene cuma tidur max 2jam/hari selama 4hari, dan acara Jungle ini berlangsung tanpa jeda stelah ospek. Disini, acara gamesnya banyak banget (tapi uda ga inget apa aja hahaha). Yang paling kuingat sih ada acara games apalah itu ditengah malam per kelompok. bayangkan malem” maen games, kira2 apa yang akan dikerjakan si sempoyongan yg kurang tidur ini? Hahahah~~ tentu saja sudah seperti zombie berjalan di tengah malam, orang2 pada ketawa-teriak2 sedangkan aku bengang bengong karena kepengen tidur. Gara2 sempoyongan itu, aku tercebur saat melewati sungai.. Bayangkan sodara2, itu daerah dingin banget, eh kecemplung sungai, sepatu basah, untung ga sampe jatoh tenggelem…. wajar aja kepeleset pas nyebrang sungai, soalnya aku sempoyongan, sedangkan kakak senior yang bertugas membantu menyebrangkan pilih2 orang gtu bwt dibantu ((maklum ni senior cowo, jadi kalo terhadap cewe yang dia kurang suka, pasti dibiarkan berlalu, bukan dipegangin biar ga jatoh)) uuuhh payah -_- . Acara ke air terjunnya juga superduper jauhh perjalananya,, ada kali 5 km dari tempat kemah ke air terjun, belum lagi ditambah mendaki bukit cukup tinggi untuk sampai kesana,, tapi ya emang sih air terjunnya keren.. Sayangnya ga sempet poto2 karena saya masih jadi zombie *oops :P..  Oya ada 1 hal lagi, pas maen games tengah malem itu, kita kelilingin hutan, dan ternyata di hutan + sungai itu adaa~~~ pacett (semacam lintah, si hewan penghisap darah, Cuma ukuran lebih kecil), untuk aku kaga kena sedikitpun, temen2 yang lain lumayan banyak tuh yang kena pacet, maka dari itu disuruh bawa garam :D. Yaa pokoknya acara Jungle ini seru deh, ada acara talent show juga, dan atraksi api unggunnya keren deh…

Pulang dari jungle, saya membawa oleh oleh di badan saya… Kayanya ada yang menggigit pinggang belakang saya saat saya tidur sehingga timbulah sebuah tumor besar di pinggang belakang saya. Awalnya ga berasa, tapi lama kelamaan semakin berasa, apalagi pas pulang naek tronton.. ternyata pas diraba raba, memang ada benjolan di pinggang saya dai itu sakit T_T jadi selama perjalanan pulang digerayangi oleh rasa sakittt.. Begitu sampe dirumah, nyokap langsung kaget anaknya yang tercinta ini membawa pulang benjolan sebesar telor ayam di pinggang belakang.. hahahah~ untungnya diolesin minyak kayu putih langsung kempes beberapa jam 😀  

Pelajaran dari Medicamp-Jungle itu:

1)      bawa baju senyaman dan jumlah sesuai kebutuhan *tanyakan ke panitia gimana suhu disana, dingin ato panas.. *secara gw waktu itu hanya bawa cardigan dan kedinginan banget, uda gitu baju kurang gara2 maen basah2an dan kotor2an T_T

2)      Bawa obat2an sederhana semacam balsem/minyak kayuputih dan hansaplast. Berguna kalo Cuma sekedar digigit serangga ato lecet2

3)      Bawa makanan instan sesuai kebutuhan (kalo bisa yang tinggal makan , ga usa dimasak ini itu, dan kenyang :D)

4)      Sedia selalu tissue basah. Ini berfungsi banget kalo kalian ga pengen mandi karena airnya kotor ato bahkan tidak ada air skalipun *setidaknya ga bau badan. Dan ini juga berfungsi buat cuci piring loh *buat yang males nyuci piring

5)      Usahakan bawa tas yang besar, jadi ga usa bawa barang yang ditenteng2. *mengingat sempet tercekik gara gara 2 tas selempang yang posisinya di leher T_T

Sekiaann sharing saya kali ini dengan tema camping. Semoga sharing ini bisa jadi insipirasi bagi yang mau kemping juga.. hahahah~ Tengkyuuu yang sudah mau baca 😀

bye

Maybe it’s better If I never know you (!`☐´)づ)˚з°)

Maybe it’s better If I never know you…………………………………………………………
Hufft、私はあなたの名前を知って以来、その既に4年。私はあなたの名前を聞いて初めて、あなたについての感覚はありません…しかし、他の人は、常にあなたの名前を呼ぶ、一瞬自分の名前が私の心に格納されています。

2ヶ月私はあなたの名前を知って以来、私たちはお互いを満たしています。私はその時点であなたを知りませんでしたが、誰かがあなたの名前を呼ぶとき、私はあなたがそのあなたの名前私の心に格納されている誰かであることを実現しています。二度目には、あなたについての感覚はありません。

cause we are like a mirror

3ヶ月私たちの最初の会議の後、私の友人はいつもあなたについて話してくれました。私達はちょうど別の性別で、鏡のようであれば、彼らは常に言う。しかし、私は我々の最初の会議で我々は非常に異なっていることを、覚えて、鏡のような方法はありません。しかし、その他には、常に、常にあなたについて教えてくれました。私は他の人がいつもあなたについて話してくれた理由についての好奇心だから、最終的に私はあなたについて調べることにしました。私はあなたについて見つけた後、あなたについての感じはちょうどあなたの(間接的)に関する私の記憶に店舗を維持し、まだありません。

多分他にも私についてあなたに話したので、あなたの友人は、私たちは再びお互いを満たすもたらす。我々が目に顔、目に直面するまでについての感覚はありません。時間だけ停止します。私はその後何が起こるかわかりません。その後夜に、あなたは私の夢に入って来る。私の夢の中で、あなたは私のソウルメイトのように、または何が好きです。私が目覚めるとき、私はあなたとの愛をのfallinだと感じています。

Uuugh、私は我々だけで2回が互いを満たしているのに対し、あなたと恋をしているので、私は狂いそうと思っていた。そのため、私はついにあなたについてその感情をカットすることにしました。と私ももう片思いをしたくない。多分それは自分に残酷だが、私は何もすることができません。

しかし、多分、神は私達について計画を持っている理由私は、知りませんそのあと私たちは常にお互いを満たしています。私はいつもあなたを見ないようにしようとしていますが、私は、あなたはいつも私を参照してください感じています。たぶんそれは私の想像です。ので、私はその感情を取り除くために決定しています。と..毎晩、あなたはいつも私の夢に入って来る。私はあなたの夢を見なければならない理由がわからない。あなたはいつも私が私の夢の中であなたのガールフレンドまたはあなたのソウルメイトのような気分にさせる、我々はその閉じられます。しかし残念ながら、それだけではただの夢だ。現実には、そののようなことはありません….. (私は毎晩愛する人を夢見なかった!)

私はなぜ神はこの現象が発生せず、神を求めている。それらの瞬間のすべてが運命であるそれは本当ですか?またはそれはちょうど私の想像ですか?だから私は主の尋ねた。彼は私の “当事者”になれば、彼がしない場合、彼は、私のソウルメイトなので、私の夢を毎晩interupt彼が誰か。 ………..彼は私の “パーティー”に来ませんでした。これだけ私の想像力はthatsの、私はカットしなければならない – すべての彼についての私の記憶を削除します。しかし、私は彼が私の本当の運命であることを証明するために彼にもう一度チャンスを与えるために私に言って神を感じた。私はこれは非常に奇妙な偶然の一致だと思います。 3回我々は予期せぬ出来事に他のACHを満たしています。私は人間として考えるなら、それは我々がお互いに満たすために不可能である。
最後に、私は彼のすべての記憶を削除しないことに決め、私は彼についての私の気持ちを殺していませんでした。だから私は彼が私に来て待っていることにした…..

1å¹´ – 2å¹´ – 3年が経ち、私はちょうど3年のために彼を待っていましたが、彼は私の人生に決して来ない、私たちはその夢のように閉じられることはありません。私はすでに彼を待っているに疲れた…………

神、私はこの感覚を削除できますか?私は彼以外の誰か他を愛することができますか?神よ、私は待っているの疲れて、彼は私の夢の中でのように見えませんでした。彼は私のソウルメイトですか?彼は私の運命ですか?または私はちょうど誰かを愛する馬鹿女だ?

 
 God, I already tired of waiting Y_______Y”
 
 

Semangaatttt~~ fightiiing b(>w<)d

Hmmm…. saat saat ini aku sedang malas untuk menulis tentang kedokteran ataupun hal lainnya di blog ini.. jadi saya ingin mengisinya dengan curhatan curhatan aneh yang saya rasakan dalam beberapa hari terakhir ini…Baru saja 2 minggu berlalu dari tahun 2012, namun entah mengapa saya merasa sudah sebulan lebih. Waktu terasa begitu lambat. Mungkin karena banyak masalah dan pekerjaan yang datang di awal tahun ini.

Pertama. Mulai dari drama amal MNC (yang kebetulan saya menjadi koor dekor untuk drama ini) dimana minggu pertama masuk kuliah sudah pulang sore karena harus mengerjakan dekor yang begitu banyak karena waktunya begitu mepet. Begitu pulang dari kuliah langsung kerjain dekor, sampai sore/ malam, setelah sampai di kosan terasa begitu capek. Jadi males mengerjakan apa apa.

Kedua. Blok pertama di semester ke 6 ini adalah blok urogenital, dimana aku kurang begitu suka dengan topiknya. Ditambah lagi dosen dan dokter yang mengajar kurang begitu menarik, jadi tambah malas untuk mempelajarinya. Apalagi saat diajar dr. S., baru beberapa slide berlalu sudah terasa ngantuk. Karena dia menjelaskan terlalu cepat, sedangkan otaku ini menerima dengan lambat (lemot), alhasil bahan yang dulu sudah pernah diajari di blok sebelumnya (dan sudah mengerti di blok itu) jadi begitu susah.

Ketiga. KTI ku tak kunjung selesai. Sebenarnya penelitian untuk KTIku itu sangat mudah. Hanya meneliti apakah ada bakteri shigella pada foodhandler di rumah sakit. Namun yang begitu membuatku malas untuk mengerjakannya adalah aku tak mengerti bagaimana cara menyusun kata kata dan format juga lainnya mengenai proposal KTI. Setiap kali aku bertemu pembimbing KTI di kampus, aku berusaha menghindar karena takut ditagih. Sebenarnya aku beruntung punya pembimbing KTI yang baik seperti beliau, namun apa daya saya begitu malas untuk mengerjakan KTI itu (padahal sudah dikasih tanggal deadline). T______T

Keempat. Masalah dengan salah seorang temanku yang bernama Nana (bukan nama sebenarnya, bisa dibaca di artikel curcol sebelumnya :D). Aku paling males kalo bermasalah dengan teman, karena aku biasanya akan susah beradaptasinya lagi (mungkin karena sifat introvertku). . Huuuhhh~~ bete kalo diinget inget terus.. >,< semoga masalah ini cepat selesai seperti sedia kala.  😀

Kelima. Aku belum bertemu Oppa/ sunbae-nim (efek keseringan nonton film Korea). Padahal uda 2 minggu tahun 2012, tapi belum melihat batang hidungnya. Kemarin dia baru saja ulang tahun, tapi aku tidak melihatnya. Aku hanya mendengar dari kejauhan suara ramai ramai menyanyikan lagu ulang tahun sambil menyebutkan namanya, namun tak mungkin aku kesana untuk melihatnya karena begitu sifat introvertku keluar semuanya jadi berbeda dengan apa yang ada dipikiranku. Tapi aku hanya ingin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dalam doa 🙂 semoga aku makin bisa sering ketemu dengannya dan juga semoga dia sehat selalu. Oppa~ Saengil Chukkae. Na Noemu noemu noemu Chuae~ (gaya Gumiho).

Semoga masalah dihadapanku ini cepat berakhir dengan happy ending. Setidaknya aku harus semangat untuk menjalani tahun 2012 ini, yang juga merupakan tahun terakhirku di preklinik (tahun depan sudah masuk koas \>w</ …………. semangaaaattt~~!!! Fightinggg!!!

Go HoMe

home sweet home…

yeay,,

hari ini aku pulang…

kangen rumah ,, uda 2 minggu kaga pulang…

kangen ma tempat tidur, boneka, bonyok…

hehehe

karena aku pulang selama 3 hari,,

jadi ga bisa nulis blog slama 3 hari…

aku akan menulis lagi hari senin…

okay,,

don’t miss me ..

XD

my activites [01.10.2009]

Kegiatanku hari ini ::

Bangun tidur – ke kampus – kuliah dengan pelajaran yg agak membosankan (kimia s^cks) – responsi skills lab (cuci tangan) – pulang ke kosan * tapi mati lampu (sh-t) – akhirnya ke empo bareng Beatrice dan Indri – baca 2 komik gratis ^^ – ke J.Co beli Yogurt – ke Breadlife beli roti ((duitku menipis deh,, beli makanan terus selama catering masih libur)) – kembali ke kampus ikut paduan suara – pulang ke kosan – mandi – makan – liat dan baca PBL buat besok – maen ke kamar Friska – balik ke kamar maen laptop dan baca PBL – stelah ini mungkin tidur….

My wishes for tomorrow ::

Tomorrow is more better than today,,

I can speak up in PBL discussion

I don’t wanna sleepy in the class

^^